"Jangan sekali-kali melupakan sejarah!"
Bapak/Ibu guru PAUD tentu masih ingat kata-kata di atas, bukan? Ya! Ungkapan tersebut merupakan salah satu pesan Bung Karno, Presiden Pertama NKRI. Lah, apa hubungannya dengan guru PAUD?
Di dalam perjalanannya, pendidikan anak usia dini di Indonesia telah melewati suatu masa yang berbeda dari masa-masa yang lain setelahnya. Dalam hal ini, kurikulum merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan pada masing-masing jenjang. Dengan adanya kurikulum, guru memiliki acuan dalam menjalankan roda pembelajaran/kegiatan sehari-hari.
Diketahui bahwa kurikulum yang saat ini digunakan di PAUD adalah Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013. Yang disebut belakangan adalah kurikulum terkini yang sudah dipraktikkan di PAUD tertentu, sepertinya ditunjuk oleh pemerintah, dengan berbagai macam rasionalisasi. Sementara bagi PAUD yang belum siap menerapkan kurikulum baru, KTSP masih menjadi bagian inti di masing-masing lini. Namun diyakini semua penamaan kurikulum mempunyai esensi tujuan yang sama, yakni menyiapkan anak-anak usia 0-6 tahun menjadi generasi yang bertumbuh-kembang baik, sehingga siap menghadapi tantangan di masa depan.
Jika kita menengok ke belakang, sesungguhnya ada Kurikulum 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum1976, Kurikulum1984, Kurikulum 1994, dan Kurikulum 2004. Apa yang membedakan? Klik di sini untuk menyelami lebih lanjut.
Bapak/Ibu guru PAUD tentu masih ingat kata-kata di atas, bukan? Ya! Ungkapan tersebut merupakan salah satu pesan Bung Karno, Presiden Pertama NKRI. Lah, apa hubungannya dengan guru PAUD?
Di dalam perjalanannya, pendidikan anak usia dini di Indonesia telah melewati suatu masa yang berbeda dari masa-masa yang lain setelahnya. Dalam hal ini, kurikulum merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan pada masing-masing jenjang. Dengan adanya kurikulum, guru memiliki acuan dalam menjalankan roda pembelajaran/kegiatan sehari-hari.
Diketahui bahwa kurikulum yang saat ini digunakan di PAUD adalah Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013. Yang disebut belakangan adalah kurikulum terkini yang sudah dipraktikkan di PAUD tertentu, sepertinya ditunjuk oleh pemerintah, dengan berbagai macam rasionalisasi. Sementara bagi PAUD yang belum siap menerapkan kurikulum baru, KTSP masih menjadi bagian inti di masing-masing lini. Namun diyakini semua penamaan kurikulum mempunyai esensi tujuan yang sama, yakni menyiapkan anak-anak usia 0-6 tahun menjadi generasi yang bertumbuh-kembang baik, sehingga siap menghadapi tantangan di masa depan.
Jika kita menengok ke belakang, sesungguhnya ada Kurikulum 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum1976, Kurikulum1984, Kurikulum 1994, dan Kurikulum 2004. Apa yang membedakan? Klik di sini untuk menyelami lebih lanjut.
Mhn agar tidak rancu, sejarah perkembangan Paud, jangan langsung dilebur berdasarkan awal perkembangan Taman Kanak-kanak.
BalasHapusJelaskanlah istilah Paud di Indonesia mulai ada dan dibuka oleh pemerintah Indonesia, dan acuan yuridis formal, sehingga sejarahnya jelas. Terima kasih