Selamat datang di SUMBER PAUD. Temukan apa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain!

Minggu, 13 Januari 2013

Sepintas Kabar PAUD di Sulsel

Makassar (ANTARA News) - Realisasi jangkauan terhadap pendidikan anak usia dini di Sulsel baru sekitar 165 ribu orang anak dari target satu juta anak.

"Target tersebut diharapkan tercapai dalam kurun waktu enam tahun untuk menjangkau anak usia nol hingga enam tahun," kata Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulsel Djamal Abdi di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, program PAUD tersebut mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN. Khusus periode 2012 telah dikucurkan sebanyak Rp26 miliar untuk menjangkau 40 ribu orang anak.

Sementara anggaran PAUD pada 2013 yang bersumber dari APBN, diakui lebih rendah yakni Rp20 miliar. Dengan dana tersebut diprediksi hanya dapat menjangkau sekitar 35 ribu orang anak.

"Masih rendahnya capaian menjangkau anak untuk program PAUD, karena keterbatasan alokasi dana baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah setempat," katanya.

Mengenai penyaluran anggaran PAUD periode 2013, lanjut dia, direncanakan langsung ke kelompok belajar anak. Sementara peran Pemprov Sulsel melalui Dinas Pendidikan setempat, hanya bertugas mengawasi jalannya program itu.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah pusat telah menginstruksikan agar Pemda menyiapkan regulasinya, termasuk menyiapkan dana dukungan dari APBD.

"Sehingga pada 2015 mendatang, angka partisipasi kasar PAUD dapat mencapai 75 persen dari jumlah yang ditargetkan yakni satu juta orang anak," katanya.

Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/44365/realisasi-paud-sulsel-baru-165-ribu-anak-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar